February 05, 2011

Cara Mengetahui Berapa Kali Google Bot Mengunjungi Blog Anda

Apakah anda pernah menghitung berapa kali blog anda dikunjungi crawler atau bot dari google untuk mengupdate konten dari blog anda?


Secara mudah anda bisa menguji dengan membuat artikel baru, dan kemudian hitung berapa lama waktu yang diperlukan agar artikel anda tersebut terindex di mesin pencari google.


Pada saat saya menggunakan engine blogger, rata-rata setiap minggu google bot akan mengunjungi blog saya. Apabila ada artikel baru atau ada perubahan di blog maka saya perhatikan baru akan nampak hasilnya di google setelah hari Jum’at. Paling cepat satu minggu, tapi pernah juga sudah berminggu-minggu tidak ada update dari google bot.


Setelah saya berpindah ke engine wordpress saya menemukan bahwa setiap hari crawler bisa mengunjungi blog kita, bahkan bisa di set agar setiap ada artikel baru maka otomatis diberitahukan oleh engine blog kita ke pihak google agar artikel segera di crawler dan masuk dalam hasil pencarian google.


Saat ini apabila saya menulis artikel, maka dalam beberapa menit tulisan saya akan sudah ter-index di google, sangat menyenangkan. Apakah anda penasaran ingin mengetahui apa yang menyebabkan robot google rajin mengunjungi blog saya? Adalah sitemap! Ya, dengan sitemap maka robot google akan lebih mudah mengetahui kapan ada update di blog kita, sehingga setelah ada pemberitahuan ke pihak google maka crawler atau robot google akan segera meng-index artikel baru yang kita buat.


Di wordpress proses pembuatan sitemap bisa dilakukan otomatis dengan memanfaatkan plugin bernama google sitemap. Cara installnya bisa dilakukan langsung dari dashboard, klik pada menu plugins, add new dan ketik google sitemap di formulir pencarian, klik search. Maka akan ditampilkan hasil pencarian plugin yang kita maksud, yaitu google sitemap. Untuk menginstallnya cukup klik menu install di plugin tersebut, ikuti langkah-langkah yang diminta dan dalam beberapa klik google sitemap sudah terinstall di wordpress anda.


Pada dasarnya google sitemap tidak perlu dirubah settingnya apabila belum terlalu memahami, plugin ini akan bekerja otomatis di belakang layar. Salah satu fungsinya adalah membuat file sitemap.xml dan mengupdate nya apabila kita membuat tulisan baru di blog, dan akan sekaligus mengirimkan berita ke beberapa mesin pencari seperti google, yahoo, AOL dan beberapa mesin pencari lain (bisa kita set mesin pencari mana saja yang akan dikirim berita mengenai update artikel di blog kita). Beberapa menit kemudian artikel kita sudah terindex di google, menarik bukan?


Namun perlu diperhatikan bahwa anda juga harus rajin menulis artikel baru, tujuannya untuk membiasakan robot google rajin meng-index tulisan di blog anda. Apabila anda sudah install google sitemap tapi tidak pernah meng-update tulisan di blog, maka robot google juga akan malas-malasan mengunjungi blog anda.




Artikel Terkait INSICO:

0 comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel ICO, kami harap memberikan sedikit ulasan tapi bukan SPAM. Terimakasih, Salam Harmoni INSICO

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More