May 29, 2011

Optimalisasi Komputer pada Windows XP

Tutorial Komputer: Optimalisasi Komputer pada Windows XP. Pengoptimalan pada Windows XP merupakan suatu keniscayan para para user windows XP, karena dengan memaksimalkan dalam optimalisasi windows XP pada komputer atau laptop kawan insico maka sangat besar pengaruhnya nanti dalam proses kerja dari komputer-laptop kawan. salah satunya sebagai solusi kawan dalam memecahkan problem komputer kawan dalam hal lemot atau loading lama (lola), karena maklumlah komputernya masih tekhnologi era jaman dulu belum era sekarang seperti Intel Core i7 maklum budgetnya masih ditabung. hhh... tapi tidak apalah biarpun tekhnologi tempo doeloe, tapi kerjanya tak mau kalah sama intel core yang lagi up2date saat ini. Nah bagi kawan sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diketahui oeh kawan semua, bahwa ada beberapa hal yang musti diketahui oleh kawan insan cita computer semua bahwa dalam optimalisasi komputer ada beberapa substansi dari pengoptimalisasian komputer-laptop anda, yakni:

1.Proses Kecepatan processor
2.Kapasitas RAM (Memory) 
3.Kecepatan dan kapasitas harddisk 
4.Kecepatan Optical Disk 
5.Efisiensi 

Dari ke-5 elemen daras di atas, elemen dari angka 1 sampai 4 adalah hardware komputer-laptop anda yang dengan mudah diselesaikan dengan mengupgrade (menambah-mengganti), semua permasalahan sudah terselesaikan. Tapi semuanya itu akan kembali pada SiKonTol (Situasai Kondisi dan Tabungan on Lemari) maksudnya budget/uang kawan tapi ada juga loh yang nyimoen uang tu kagak dilemari kadang didompet malah amalah pada nyimpennya di dalam ATM. hhhh. Back to topic, mengapa insico mengatkan kembali ke SiKonTol? karena jika kawan ingin beli processor baru, menambah kapasitas RAM (memory), dan mengganti harddisk anda ke teknologi SATA yang lebih cepat dari IDE, serta harddisk yang mempunyai rpm yang lebih cepat tentunya membutuhkan budget yang lumayan besarkan. Ups bukan berarti kami borjouis atau kapitalis lho, hanya memang begitu kenyataannya, jika kawan ingin mengupgrade komputer tentunya membutuhkan dana yang lumayan besar, terkecuali kawan nsico punya toko sendiri yang bisa langsung ambil atau nenek-kakek punya toko sparepart tadi. hhhh 

Okey jika 1-4 bisa diselesaikan dengan uang, tapi yang no terakhir sendii ini no 5? Efisiensi komputer? Nah ini dia tema kita kali ini, elemen efisiensi yang cukup sederhana dan semoga dapat berguna untuk meningkatkan performa Windows XP komputer anda. Nah berikut efisiensi-optimalisasi Komputer pada Windows XP. Berikut optimalisasi komputer pada windows XP anda

Hapus program yang ada di Startup 
Silahkan Klik Start, pilih all Programs, klik Startup, lalu klik kanan setiap item pada Startup kemudian pilih Delete. Startup komputer anda sampai kosong, terkecuali ada program yang khusus untuk anda startupkan namun direkomendasikan dibersihkan saja sampai kosong. Karena dengan mengosongkan startup, maka nanti hasilnya akan mapak pada saat kawan booting komputer akan lebih cepat proses masuknya dikarenakan komputer anda tidak mengakses program-program yang berjalan pada startup. Nah jika ingin menghidupkan program-program yang sebelumnya ada di start up, bisa saja kawan dijalankan program tersebut secara manual apabila kawan memerlukan program tersebut.

Hapus program-program yang sering tidak anda pakai/berguna
Caranya cukup sederhana, silahkan  anda Klik Start, kemudian pilih Settings, lalu klik Control Panel. Selanjutnya Dobel klik icon Add or Remove Programs. Pilih program-program yang tidak anda pakai, setelah proses uninstalansi program silahkan restart komputer anda karena kemungkinan restart akan dibutuhkan guna menyempurnakan proses. Nantinya hasil perbedaannya adalah Kapasitas harddisk anda akan lebih besar, sistem Windows XP akan lebih ringan karena list program berkurang, sehingga proses kecepatan  akses komputer anda akan bertambah.

Matikan Animasi dan Visual Effect
Animasi dan visual effect di Windows XP sebenarnya banyak yang suka dengan animasi-animasi dari windows XP. Tapi tidak ada salahnya jika untuk animasi dan visual efect komputer anda dimatikan saja, karena animasi dan visual effect mempengaruhi performa komputer anda. Nah caranya mematikan-menonaktifkan animasi dan visual effect komuter, pertama-tama silahkan masuk dulu ke Control Panel, kemudian klik pada icon System, selanjutnya klik pada tab Advanced. Klik tombol Settings dibawah Performance. Klik Adjust for Best Performance. mengapa hal ini mesti dilakukan, karena dengan mematikan animasi dan visual effect koputer akan mempercepat proses reaksi seperti membuka dan memindahkan windows XP anda.

Install Antivirus Virus
Install Antivirus Virus merupakan salah satu faktor besar yang dapat mengganggu performa komputer anda, karena itu setidaknya dalam komputer anda harus ada satu Antivirus yang dapat mendeteksi dan menghapus virus baik lokal maupun virus internasional. Antivirus lokal semisal antivirus ARTAV, smadav dll dan untuk antivirus internasional seperti AVIRA, AVG, Kapersky dll. tapi jangan lupa jika sudah menginstal aplikasi antivirusnya juga sering-sering juga antivirusnya di upgrade - update, karena mereka para  craker-hacker pembuat virus juga melakukan pembaharuan setiap saat. So virusnya aja baru masak penagkalnya gak baru, suapaya balance gitu loh. Hasil dari anda melakukan instalansi dan update antivirus adalah untuk melindungi dari serangan virus dan juga untuk meminimalisasi kerusakan program, file dan komputer anda. Tapi tak semua virus jahat loh, ada juga virus yang baik membantu kita, seperti Crak Activator Win XP WPAkill dan juga VIRUS CINTA INSCO eh oq insico, SLANK maksudnya hhhh

Okey tips dan trick tentang optimasi komputernya sampai disini dulu. Ohya tips ini hanya bisa anda lakukan di komputer rumah anda sendiri loh. Karena jika di warnet, kebanyakan memakai program Deepfreeze namun jika ingin melakukannya di warnet kawan bisa saja mungkin anda bisa minta operator warnetnya untuk mengoptimalkan kecepatan komputer yang ada. Cukup dulu yach insan cita computer sahringnya hari ini, Selamat mencoba semoga berhasil.




Artikel Terkait INSICO:

0 comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel ICO, kami harap memberikan sedikit ulasan tapi bukan SPAM. Terimakasih, Salam Harmoni INSICO

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More