September 08, 2013

Panduan Google Adsense bagi Para Newbie

Panduan Google Adsense bagi Para Newbie. Salah satu cara paling sederhana untuk monetasi blog adalah dengan Google Adsense. Banyak sekali orang telah berjuang dengan keras untuk mendapatkan 1 atau 2 dollar melalui blognya, namun ada juga yang lebih cerdas dan menghasilkan lebih banyak uang, puluhan, ratusan, ada juga bahkan ribuan dollar dari blog adsense-nya.

Berikut adalah beberapa tips yang saya pelajari untuk meningkatkan penghasilan dari Blog Adsense. Anggap saja berikut adalah blueprint langkah-langkah membuat blog adsense yang diharapkan menghasilkan profit minimal $2 per hari. Saya akan mulai dengan skenario pembuatan satu buah blog adsense baru.

1. Keyword Research

Keyword Research atau riset kata kunci adalah aktifitas poko sebelum anda memulai mengelola blog adsense. Apabila ada mentargetkan keyword yang salah di awal, maka perjuangan anda akan sangat berat. Inti dari pemilihan kata kunci yang tepat adalah: Mencari keyword dengan nilai profit yang setinggi mungkin dengan persaingan yang serendah mungkin.

Untuk projek ini lupakan HPK (High Paying Keyword), meskipun nilai satu klik bisa mencapai puluhan bahkan ada yang lebih dari seratus dollar. Salah satu contoh HPK adalah “nemo personal finance” yang bernilai $146.21 untuk satu klik AdSense. Untuk melakukan keyword research anda bisa memakai tool gratis seperti Google Keyword External atau kalau anda punya uang, Market Samurai, dan Micro Niche Finder adalah software yang paling canggih dalam hal ini.

Sederhananya, cari Keyword berbahasa Inggris yang peminatnya lebih dari 5000/bulan, saingan halaman yang sudah terindeks untuk keyword tersebut di Google kurang dari 100.000 (semakin sedikit semakin bagus). Setelah menemukan yang cocok, buat daftar 50 keyword lain yang berhubungan dengan keyword utama (log tail keyword).

2. Menentukan Nama Domain

Nama domain akan sangat membantu optimasi SEO anda. Pilihlah domain yang sesuai dengan keyword yang andak kejar. Jika anda bisa memiliki nama domain KeywordAnda.Com atau KeywordAnda.Net itu bagus. Semisal anda menggunakan Blog di Blogger, cari dan daftar alamat URL KeywordAnda.blogspot.com atau Keyword-Anda.blogspot.com.

3. Mengatur Setting Optimal

Seandainya anda hosting sendiri blog adsense tersebut menggunakan WordPress, pastikan anda memaksimalkan setting yang ada. Sebagai contoh:

* Pilihlah theme atau template blog yang sederhana, tanpa banyak gambar dan variasi warna, penampilan untuk blog adsense penting asal CTR nya tinggi (maksudnya rasio pengunjung dengan jumlah penge-klik iklan googlenya).
* Ganti permalink standart dengan /%postname%/
* Tambah Pinglist default agar setiap anda publish artikel baru, major search engine akan mengetahui update tersebut.
* Pasang Plugin Google Sitemap Generator untuk membuat Sitemap Blog otomatis yang memudahkan Google Crawer mengenali content blog anda.
* Pasang Plugin Wp Super Cache untuk mempercepat loading blog anda.
* Pasang Plugin All in One SEO Pack untuk menjadikan blog SEO friendly tanpa repot.
* Pasang kode Google Analytics untuk melacak perkembangan blog, juga untuk melacak keyword yang dipakai pengunjung untuk sampai ke blog Anda.
* Pasang plugin lain sesuai kebutuhan, memasang terlalu banyak plugin akan mengurangi kecepatan loading blog.

Untuk pengguna Blogger akan lebih pada pemilihan template yang seo dan adsense friendly. Jangan lupa memasang alat pelacaknya juga (Google Analitik)

4. Menulis Original Content

Penulisan artikel-artikel di blog anda haruslah teratur. Sebagai contoh 1 artikel setiap hari akan lebih bagus daripada 10 artikel yang di posting hari pada Minggu saja. Kembangkanlah artikel dari dari keyword yang telah anda dapatkan pada waktu Riset Keyword. Apabila anda sudah cukup nyaman dengan menulis content, perlahan tingkatkan jumlah posting sampai 5 kali dalam satu hari.

Dengan melakukan hal ini, halaman blog anda akan lebih banyak terindeks di google dan traffic anda akan meningkat secara otomatis. Apabila anda kesulitan dengan konten berbahasa Inggris, gunakan Google Translate untuk mengartikan tulisan anda ke bahasa Inggris. Ingat: Tulisan original (asli, belum pernah dipublikasikan sebelumnya) akan memiliki bobot jauh lebih berharga daripada tulisan kopi paste.

5. Meningkatkan Traffic Blog

Traffic atau pengunjung yang datang dari Search Engine seperti Google, Yahoo, Ask, Bing tentu akan berpotensi lebih besar dari sumber traffic yang lain. Bagaimana cara meningkatkan traffic organik adalah dengan memperbanyak link ke blog adsense tersebut. Carilah backlink secara teratur agar tampak natural. Hasilnya akan bisa dilihat dari stats pengunjung blog anda yang semakin hari semakin meningkat.

6. Berburu Backlink

Banyak sekali orang mengeluh bahwa mereka sudah melakukan usaha maksimal untuk berkomentar di mana-mana, di blog tetangga, blog-blog topik yang sama, forum dan sebagainya, namun hasilnya tidak terlihat memuaskan. Perlu diperhatikan, bahwa mencari backlink adalah smart work, bukannya hard work artinya kita harus cerdas dalam mencari link, dari do follow blog, terlebih dari blog ber Pagerank tinggi.

Silahkan google “daftar do follow blog” untuk mencari tempat berburu backlink. Juga ketika kita meninggalkan komentar usahakan memasang kata kunci kita ( Nama @ KataKunci ), jangan hanya nyepam keyword tanpa menghormati pemilik blog. Resikonya terburuknya adalah kita dianggap sebagai spammer dan komentar kita masuk spam box. Selain berkomentar di blog do follow, anda juga bisa submit ke artikel direktori untuk mendorong performa blog adsense.

7. Pasang Kode Google Adsense di Blog Anda

Jangan memasang kode google adsense sebelum traffic atau pengunjung blog anda sedikitnya 300 hits per hari. Dengan melakukan saran saya, harapannya adalah anda akan lebih fokus ke content building dan meningkatkan traffic dulu, juga untuk menghindari smart pricing.

Usahakan memasang satu jenis iklan adsense saja seperti Large Rectangle (336X280), karena jenis ini terlihat paling banyak dipakai orang karena dipercaya penampilan standartnya layaknya link biasa sehingga jumlah penge-klik akan lebih banyak. Jangan menebar iklan google adsense di seluruh bagian blog, ini hanya akan mengurangi nilai klik. Pilihlah tempat yang paling strategis dengan melakukan uji coba, pasang dan copot sampai anda mendapat yang paling sempurna.

$2 per hari dari Blog Adsense Anda

Apabila anda belum mencapai $2 per hari, jangan berkecil hati, tetaplah konsisten untuk mem-publish posting 5 kali sehari dan tetap mencari backlink. Penting diketahui, banyak orang gagal dalam menggeluti adsense dikarenakan kurangnya konsistensi.

Jangan percaya dengan banyak orang yang mengaku punya penghasilan banyak dari Blog Adsense sampai anda bisa membuktikannya sendiri. Apabila lebih dari setahun dan target anda tidak terpenuhi (setelah berusaha keras), maka sebaiknya anda pindah ke bidang bisnis yang lain.

Dengan mengikuti beberapa langkah sederhana di atas, asumsi saya, penghasilan anda dari Google AdSense akan meningkat dari minimal 2$/hari sampai lebih dari itu. Semuanya tergantung seberapa banyak waktu, seberapa besar tenaga dan pikiran yang akan diluangkan untuk Blog AdSense anda tersebut.

Memiliki 1 Blog AdSense yang terawat lebih baik dari pada memiliki 5 Blog AdSense yang kurang perhatian. Kecuali nanti kalau anda sudah akrab dengan Automated Blog Content Generator seperti WP Robot, Autoblogged, Autoblog Samurai dan sejenisnya, mengelola 30 blog sekali jalan bukanlah masalah.




Artikel Terkait INSICO:

0 comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel ICO, kami harap memberikan sedikit ulasan tapi bukan SPAM. Terimakasih, Salam Harmoni INSICO

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More