October 08, 2013

Cara membuat sitemap pada blogspot

Ssitemap adalah kata lain dari Peta Situs,atau sebuah peta dan bentuk navigasi pada blog yang bertujuan untuk mempermudahkan pengunjung dalam melihat isi dari suatu web/blog. Bisa juga dikatakan bahwa sitemap itu adalah daftar isi pada blog/website. Nah, ngerti kan apa itu sitemap?

Kemudian, apa saja keuntungan Sitemap?. Keuntungannya adalah sebagai berikut:
  • Mempermudah pengunjung dalam mencari suatu artikel atau sebagai index suatu blog/website
  • Dapat menjadi langkah dalam memudahkan SEO(Search Engine Optimization) pada blog kita
  • Blog/Web akan terlihat lebih rapi dan mudah menarik pengunjung
Site Map sendiri sebenarnya bisa dibuat sendiri secara manual, bagi anda yang sudah sedikit mengerti Coding.Tetapi bagi anda yang belum begitu mengerti coding, ada juga cara yang mudah untuk membuat sitemap blog kita.

Yang pertama yaitu dengan google webmaster tools

Bagi pengguna Account Google yang memakai platform Blogger,tentu sudah tidak asing lagi, istilah Google Webmaster Tools.
Rahasia dibalik Google Webmaster ini,sebenarnya sebuah kunci bagaimana mengoptimalkan sebuah situs,baik dari Meta, Robot, Analisa Blog, dan salah satunya ’SiteMap’. Nah, dibawah ini saya akan jelaskan cara membuat sitemap pada blogspot.

Sebelumnya,pada Feed situs anda tuliskan alamat,misal;

http://namabloganda.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=100


*ganti namabloganda dengan nama blog anda sendiri, menjadi: insicoico.blogspot.com dan lain - lain.

Nah,untuk membuat sitemap nya,anda bisa ikuti langkah di bawah ini:
  1. Kunjungi Situs www.google.com/webmasters/tools
  2. Jika anda belum punya Account,Pilih ’Sign Up’
  3. Verifikasi blog anda dengan klik 'verify', dan isikan meta tag yang diberikan oleh google dibawah tag
  4. Setelah itu save blog anda, dan klik 'verify' di google webmaster tools
  5. Setelah terverified, klik site configuration di sebelah kiri dan klik lagi 'sitemap'
  6. Klik ’Submit SiteMap’
  7. Anda bisa tuliskan alamat seperti dibawah ini,pada kolom yang kosong setelah nama blog anda. Isikan : feeds/posts/default , atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=100 atau atom.xml?redirect=false
  8. Pilih salah satu,atau anda bisa gunakan empat-empatnya.
  9. Lalu tekan tombol Submit Sitemap
  10. Setelah itu,jika ada gambar jam,berarti Sitemap anda berhasil dan masih dalam proses.
  11. Selesai, refresh kira kira setengah jam kemudian, kalau ada tanda centang di status, berarti sukses
Ini contoh sitemap blog insico :

http://insicoico.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=100

Ada lagi cara yang lebih praktis, untuk membuat sitemap, tanpa harus daftar pula, anda bisa kunjungi situs sitemap generator www.xml-sitemaps.com
Untuk langkahnya,anda bisa ikuti cara di bawah ini:
  1. Masuk situs www.xml-sitemaps.com
  2. Isikan alamat anda,pada kolom Starting Url
  3. Pada pilihan Change frequency,Last modification,Priority anda isikan None ajach ya.. :D
  4. Kemudian klik tombol Start
  5. Setelah itu akan keluar tulisan ’Please wait. Sitemap generation in progress...
  6. Tunggu,dan Selesai.
Gampang kan? Langsung praktekkan deh. Semoga bisa membantu teman - teman yang sedang kesulitan dalam membuat sitemap pada blog. 
sumber




Artikel Terkait INSICO:

8 comments:

terima kasih kk atas informasinya..

Oleh Shan trims yaa kunjung balik di http://gratisslaguu.blogspot.com

Tips nya bermanfaat gan :)

Cara yang keren juga
salam kenal
Kunjungi aja

bang mau tanya dong.. fungsi results=400 untuk apa ? dan setelah saya copas di google web master, tulisannya 1 error, ada solusi ga bang ? mohon pencerahannya ya.. terima kasih... ^^

ow...ane coba pake yang www.xml-sitemaps.com, cuman tanya...itu angka 100 artinya yang di sitemap cuman 100 postingan ya?? kalau misalnya kita udah post lagi ada baru lagi..apa perlu di buatkan sitemaps lagi?? atau cuman perlu sekali saja gan..tq

ini web ane...http://simplebutsatisfied.blogspot.com/

Mantab gan infonya, akan saya coba langsung di blog saya perawatanwajah.co.id

Post a Comment

Setelah membaca artikel ICO, kami harap memberikan sedikit ulasan tapi bukan SPAM. Terimakasih, Salam Harmoni INSICO

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More