May 06, 2011

Cara Menonaktifkan Autorun.inf

Setelah pada kesempatan yang lalu Insan Cita telah share info Tutorial Komputer tentang cara menyembunyikan folder. Pada kesempatan kali ini insico akan share info tentang cara mengantisipasi penyebaran virus melalui autorun.inf. Pada dasarnya tujuan dari dibuatnya  autorun.inf virus adalah salah satunya untuk lebih mengoptimalkan penyebaran virus istilah lainnya Autoinfect via Flash Disk yakni penyebaran virus lewat Flash Disk secara otomatis.

Latar  belakang  dibuatnya  virus autorun.inf  adalah  agar  virus  mempunyai  kemampuan  untuk dapat menyebar secara otomatis tanpa tergantung kecerobohan atau kelalain manusia itu sendiri. Kecerobohan manusia itu sendiri adalah ketidaktahuan bahwa dirinya telah mengaktifkan dan turut mengembang-biakkan virus, mungkin hanya dengan iseng mengklik virus itu atau hanya ingin tahu lalu membuka suatu file, dll. Rasa ingin tahu, penasaran tersebut yang dimanfaatkan oleh para vm dengan  membuat  virus dengan  Icon  yang  mengelabui  user,  kemudian vm  memberikan  nama  virus yang  dapat  membangkitkan rasa  ingin tahu, penasaran user yang  ceroboh tadi untuk mengaktifkan virus tersebut.

Autorun.inf adalah suatu script AutoRun yang digunakan untuk menjalankan suatu  file  secara otomatis saat user  akses  ke  suatu  Drive  atau  saat  user  menghubungkan removable disk atau saat user memasukan CD / DVD ke dalam CD / DVD ROM. Pada umumnya autorun virus berisi script seperti dibawah ini:


[AutoRun]
open=virus.exe->file virus yang digunakan sebagai stimulus
shellexecute=virus.exe
shell\Auto\command=virus.exe
Shell = Auto

Autorun tersebut dimaksudkan agar saat ditancapkannya flashdisk di computer atau laptop, maka flasdisk tersebut akan mengunduh file virus karena hidupnya autorun tersebut. Selain autorun.inf VM dalam membuat virus selalu melengkapinya dengan senjata-senjata agar virusnya   dapat   ampuh   dalam   melakukan   penyebaran   beberapa   file   pemicu   yang   dibuat misalnya desktop.ini, folder.htt, dll. Desktop.ini  dimanfaatkan  oleh  para  VM  untuk  link  ke  folder.htt  yang  fungsinya  adalah  untuk memaksimalkan penyebaran virus.

Lha sekarang bagaimana cara untuk mengantipasi penyebaran virus melalui autorun.inf ini? Salah  satu  cara  yang  efektif  untuk  mencegah  penyebaran  virus  lokal  yang  menggunakan metode tersebut adalah dengan men-disable fungsi Autorun/Autoplay pada Drive/Removable tersebut.

Adapun cara untuk me-nonaktifkannya adalah sebagai berikut:
1. Untuk Win XP caranya sebagai berikut:
  • Klik run atu win + R (caranya seperti kemarin
  • ketik gpedit.msc
  • Setelah itu pilih User Configuration
  • Klik Administrative Templates
  • Pilih System
  • Turn off Autoplay

Atau bisa juga copi tulisan berikut [gpedit.msc , User Configuration-Administrative Templates-System]
Gambar AutoRun 01


2. Untuk windows7 bisa caranya hampir sama, yakni:
  • Klik Run atau tekan tombol Win + R
  • Setelah itu salin tulisan ini dan pastekan di tab run gpedit.msc, setelah itu rubahlah Turn off Autoplay [User Configuration-Administrative Templates-All Settings-Turn off Autoplay]
  • Kemudian Setelah itu klik 2 akali Turn off Autoplay dan pilih disable all drives atau cukup CD/DVD and removeable. Tergantung anda pilih yang mana

Dengan demikian maka anda telah berhasil membuat turn off autoplay komputer menjadi Enabled maka akan mematikan fungsi autoplay. Dengan matinya fungsi autoplay computer, maka Script autorun sendiri hanya akan menjadi file sampah yang tak ada gunanya.

Setelah  setting  diatas  ada  baiknya  sebelum  mencolokkan  flashdisk  terlebih  dahulu  Show hidden  files dulu…[klik  Tool-Folder  Options-  View-  pilih  Show  Hidden  Files  and  Folders sekalian  hilangkan  ceklist pada  Hide  protected  operating  system  files  (Recommendet)-Ok]. Setelah  itu  jika  anda  temukan  file autorun.inf dan disampingnya terdapat induk virus.exe maka tinggal kita delete aja…

Sekian dulu, share info tentang tutorial computer cara menghapus dan menonaktifkan autorun.inf komputer. Selamat mencoba




Artikel Terkait INSICO:

0 comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel ICO, kami harap memberikan sedikit ulasan tapi bukan SPAM. Terimakasih, Salam Harmoni INSICO

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More