May 06, 2011

Cara Menginstal Windows dengan Flash Disk (Flash Boot)

Flash Boot. Saat ini kebanyakan model NoteBook atau NetBook sudah tidak lagi dilengkapi dengan CD-Room ataupun DVD-Room, tentunya hal ini akan menjadi salah satu kendala disaat kita hendak menginstal System Windows pada Notebook anda yang lagi trouble atau rusak dan itu mengharuskan anda untuk install ulang. Sebenarnya kan umumya PC atau Laptop yang memiliki CD atau DVD-rom, ehingga jika kita hendak menginstal ulang kembali cukup dengan memasukkan CD master windowsnya, nah sekarang pertanyaannya bagaimana bila Notebook tersebut tidak ada fasilitas CD-Room, pasti akan mengalami kesulitan untuk install ulangnya. Ups.. terkecuali anda punya CD-Room external, ini lain ceritanya karena tentunya anda pasti tidak akan menemukan kesulitan untuk instal ulang windows anda.

Oke kawan, untuk mengurangi kesulitan kawan-kawan yang mengalami hal serupa diatas saya akan mencoba berbagi info tentang solusi alternatif menginstal ulang windows tanpa CD-DVD Room. Lantas solusinya bagaimana? solusinya dengan Cara Install Windows XP menggunakan media removable disk atau yang sering kita sebut dengan flash disk. Nah So, perlengkapan apa saja yang harus anda persiapkan untuk membuat Windows pada flash disk, ini dia yang musti dipersiapkan:

1. Flashdisk
2. Komputer yang mendukung fitur booting lewat usb
3. File atau software berisi:
* Norton Partisi Magic ( untuk membuat partisi lewat dos )
* Norton Ghost ( untuk Backup dan Restore Windows )
4. Software USB Format
5. File USBBoot
6. File Ghost Norton
7. File Ghost

Apabila perlengkapan sudah siap (saya anggap kawan sudah punya semua file diatas), langkah selanjutnya yang musti anda lakukan dalam adalah membuat lash disk anda sebagai ganti CD-DVD Room (Flash Boot), yakni gunanya nanti flashdisk anda akan menjadi sebagai media bootingnya (pengganti optical disk). Nah berikut ini adalah tahapan pembuatan FlashBoot:


  1. Pertama-tama jalankankan dulu aplikasi HPUSB Format.
  2. Selanjutnya pilih Devicenya (Flash disk) anda
  3. Kemudian silahkan pilih format FAT32 pada File System
  4. Adapun untuk Volume Label sembarang (nama dari flashdisk, secara otomatis akan muncul dengan sendirinya nanti)
  5. Selanjutnya anda pilih Quick Format saja dan kemudian Created a DOS Bootable Disk
  6. Cari dimana anda meletakkan file USBBOOT yang telah anda siapkan
  7. Klik Start
  8. Setelah proses selesai klik Close. Disini sebenarnya flashdisk sudah siap digunakan untuk booting, akan tetapi karena anda akan menggunakan flashdisk tersebut untuk menjalankan Norton Ghost, maka langkah selanjutnya adalah silahkan anda copy file master Windows ke dalam flash Boot anda
  9. Setelah selesai, silahkan Copy Semua file ghost ke dalam USB anda
  10. Flashdisk sudah siap untuk dicoba

Catatan : Sebelum anda menjalankan flash disk (Flash Boot) yang sudah anda buat  diatas tadi, terlebih dahulu pastikan bahwa settingan pada bios Notebook anda sudah berada pada pilihan First Boot Sequence pada options USB-HDD. Demikian Cara Menginstal Windows dengan Flash Disk (Flash Boot) semoga berguna.




Artikel Terkait INSICO:

0 comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel ICO, kami harap memberikan sedikit ulasan tapi bukan SPAM. Terimakasih, Salam Harmoni INSICO

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More