May 06, 2011

Cara Membuat Pasword Folder Rahasia di Komputer

Folder-File rahasia di komputer. Mungkin kawan-kawan tidak suka kan apabila file atau pun folder private anda di dalam komputer atau Laptop diotak-atik (dilihat) oleh orang lain? umumnya sich kebanyakan orang memang tidak suka, kalau hal-hal yang bersinggunagan dengan pribadi diketahui atau dikomsumsi oleh umum. Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang bagaimana cara menjaga Folder atau file rahasia kawan dan tidak untuk dikomsumsi oleh publik. Yach semacam membuat folder atau file rahasia lah, yang mana ada pasword untuk membukanya.

Memang ada banyak cara sich dan juga banyak applikasi-sofware untuk menyembunyikan atau merahasiakan file dan folder kita. Salah satunya dengan Hide Folder, anda bisa membaca dan mengunduhnya di postingan sebelumnya. Nah selain dengan menggunakan software Hide Folder, ada juga cara lain untuk menyembunyikan folder atau file rahasia anda dengan menggunakan program aplikasi 3rd party seperti halnya software Folder Lock dkk, namun agar nampak lebih cekly dan IT tinggi kita bisa membuat file atau folder rahasia kita disembunyikan hanya dengan membuat sebuah file script bat yang nanti fungsinya untuk menyembunyikan folder atau file rahasia anda. Artikel ini sebenarnya sebagai kelanjutan dari postingan dulu kala itu, yaitu software Hide Folder yang lama sekali tak terbuka dan terjamah lagi. Biar lebih fresh lagi. Yups... langsung saja kita ke TKP, untuk cara membuat pasword rahasia file atau folder anda. insyaalllah ini bisa jalan di Windows 7 dan Windows XP.

Yups begini kawan tahapan-tahapan untuk membuat pasword file atau folder rahasia di windows XP dan Windows 7:

1. Langah pertama:

Silahkan kawan semua membuat sebuah folder baru, terserah di drive manapun suka-suka anda. Silahkan rename foldernya dengan nama "INSICO"

2. Langkah kedua:
Langah selanjutnya adalah membuat notepad baru dengan cara di klik kanan mouse anda kemudian silahkan pilih New -> Text Document. Tapi perlu diingat bahwa file notepadnya itu didalam folder INSICO.


3. Langkah ketiga, apabila file notepad dah selesai dibuat, silahkan buka file tersebut dan copy-pastekan code dibawah ini:



cls
@ECHO OFF
title Folder Private
if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Private "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%== INSAN_CITA_COMMUNITY goto FAIL
attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Private
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Private
echo Private created successfully
goto End
:End


Tolong diperhatikan kata yang berwarna orange, ganti “INSAN_CITA_COMMUNITY” dengan password anda. Kemudian save filenya (tekan Ctrl + S), lalu enter.

4. Langkah keempat:
Apabila anda sudah selesai membuat file notepad, langkah selanjutnya adalah anda membuat folder baru. Silahkan buat folder baru dengan nama "Private". Folder Private inilah yang nantinya kan kita sembunyikan.


5. Langkah kelima:
Langkah selanjutnya adalah silahkan buka kembali file notepad anda, kemudian file -> save as -> pada save as file pilih All Files. Nah untuk namanya kasih nama lock.bat saja.


6. Langkah keenam:
Untuk "Test Drive" menyembunyikan folder Private, silahkan klik dua kali file lock.bat tadi, maka akan muncul window seperti dibawah :


Silahkan ketik/tekan huruf "Y" yang berarti anda setuju untuk menyembunyikan folder Private tersebut dan selanjutnya tekan Enter. Yups... folder Private sudah tersembunyi bukan?

7. Langkah ketujuh
Adapun guna mengembalikan folder “Private” yang disembunyikan tadi, silahkan klik double (2 kali) file lock.bat anda. Kemudian masukkan password yang sudah disetting sebelumnya.


8. Langkah kedelapan:
Apabila cara membuat pasword folder rahasia di windows 7 dan XP ini dah berhasil, jangan lupa tengok cara yang lain di tampilan ini juga. Selamat mencoba




Artikel Terkait INSICO:

1 comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel ICO, kami harap memberikan sedikit ulasan tapi bukan SPAM. Terimakasih, Salam Harmoni INSICO

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More