June 23, 2013

Cara sederhana Memperbaiki Kerusakan Komputer Mati Total atau Blank

Cara sederhana Memperbaiki Kerusakan Komputer Mati Total atau Blank. Acap kali anda pernah mendapati komputer/laptop/notebook Anda tiba-tiba mati total atau komputer anda tidak bisa booting dan pada layar monitor tidak menampilkan apa-apa alias blank. Lantas apa yang harus anda eksekusi untuk menyembuhkan komputer anda yang rusak tersebut ?

Nah pada kesempatan kali ini saya akan share info tentang cara sederhana memperbaiki/mendiagnosa untuk mengetahui penyebab kerusakan pada komputer yang mati total atau blank tersebut. Nah langsung saja silahkan anda siap-siap untuk melakukan berberapa pengecekan dan rescure seperti berikut ini:

1. Periksa Pada Layar Monitor
Adapun langkah pertama untuk memeriksa terlebuh dahulu peyebab penyakit komputer anda yang mati total atau blank adalah dengan memeriksa terlebih dahulu layar monitor komputer anda. Mungkin saja bisa jadi penyebab komputer anda yang menyebabkan komputer anda menjadi blank karena memang monitornya yang mati bukan karena komputer yang mati total.

Pada kondisi komputer yang mengalami mati total atau blank, silahkan anda cek telebih dahulu pada lampu indikator monitor komputer anda apakah menyala, dan coba cabut kabel VGA Monitor, apabila tampilan monitor menjadi normal dengan menampilkan gambar atau pesan seperti misalnya "No Signal Detected" maka kerusakan memang benar terdapat pada komputer.

2. Pastikan Power Supply Berfungsi dengan baik.
Apabila langkah pertama sudah anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa PSU atau power Supply komputer anda, maka silahkan buka casing CPU kemudian nyalakan kembali komputer dengan menekan tombol power dan perhatikan apakah lampu indikator pada motherboard menyala dan fan Processor berputar apa tidak. Jika apabila komputer masih bisa menyala maka kemungkinan besar Power Supply anda masih dalam kondisi yang baik yakni karena power supply tersebut masih bisa berfungsi dengan baik.
akan tetapi jika kondisinya berbeda, yakni apabila CPU masih tetap tidak menampilkan tanda-tanda kehidupan pada komputer anda, maka silahkan lakukan pengecekan terhadap Power Supply anda tersebut.

3. Reset BIOS Komputer
Langkah selanjutnya untuk menge-cek/mendiagnsa kerusakan komputer mati total atau blank adalah denga cara maintenence pada BIOS komputer anda. Caranya dalah dengan cara mereset BIOS komputer.

4. Bersihkan Semua Komponen pada Motherboard
Jika masih dirakan diperlukan lankah selanjutnya adalah membersihkan komponen pada motherboard anda. Caranya adalah cabut terlebih dahulu semua komponen seperti Processor, Memory dan sound Card, Vga card dan add-on card tambahan lainnya.
Selanjutnya bersihkan debu dan kotoran yang menempel dengan kuas dan vacuum cleaner. Kalo ada gunakan juga cairan pembersih "electrical contact cleaner" untuk lebih membersihkan debu-debu yang menempel pada pin-pin IC atau komponen elektronik pada komponen - komponen tersebut.

5. Rakit kembali CPU tanpa Hardisk
Setelah semua komponen dibersihkan seperti pada langkah 4, rakit kembali semuanya tetapi untuk hardisk jangan dulu dipasang. Selanjutnya nyalakan komputer, disini biasanya ada beberapa hal yang akan terjadi seperti:

Komputer menyala normal (bisa masuk BIOS) tetapi tidak bisa booting.
Hal ini ga masalah karena hardisk memang ga dipasang. Matikan dan pasang hardisk kemudian nyalakan lagi, apabila berhasil booting berarti permasalahan sudah hampir selesai.
komputer mengeluarkan bunyi beep berkali-kali.
Biasanya ada komponen seperti RAM dan VGA Card yang bermasalah, untuk memastikan coba diganti aja dulu dengan komponen yang sudah ketauan masih berfungsi dengan baik.
RAM dan VGA Card sudah diganti tetapi komputer masih tetap blank.
Wah ini gawat biasanya kerusakan terjadi pada bagian Motherboard atau Processornya. Menurut pengalaman saya kebanyakan bagian Motherboard yang rusak (kata temen saya kebanyakan pada transistor power) hal ini terjadi misalnya karena power listrik PLN yang tidak stabil. Kalo ada Processor yang nganggur pinjem aja dulu untuk memastikan kerusakan.

Demikianlah cara sederhana memperbaiki/diagnosa kerusakan komputer yang mengalami mati total atau blank. saya tunggu sharing tentang Cara sederhana Memperbaiki Kerusakan Komputer Mati Total atau Blank dari kawan-kawan sekalian. Terima kasih




Artikel Terkait INSICO:

3 comments:

maw tanya. kenapa monitor mati saat install windows dan tidak bisa di restart pake tombol restart.

Service komputer Panggilan

Kami melayani jasa service komputer panggilan
Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
Hub : 081294209696

Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

Software :
1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


Hardware :
1. Mati total
2. Tidak Tampil
3. Bunyi Bunyi
4. BlueScreen
5. Lemot
6. Tidak Bisa Masuk Windows
7. Sering Hang,Restart
8. Installasi Lan/Wireless

Silahkan Hubungi Kami
081294209696
Bilawal.rifai96@gmail.com
Http://www.mataharikomputer.com

germanna konsep - YouTube VR
germanna konsep. Stream download youtube videos germanna konsep video. Stream germanna konsep - YouTube VR. Watch & play the best online sports games on YouTube.

Post a Comment

Setelah membaca artikel ICO, kami harap memberikan sedikit ulasan tapi bukan SPAM. Terimakasih, Salam Harmoni INSICO

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More