May 07, 2011

Cara Instal Huruf Arabic di Windows XP

Pada postingan Cara Instal Huruf Arabic di Windows XP ini insico dedikasikan khusus buat kawan insan se-cita  saya di facebook Kanda Fatur yang pada waktu lalu datang ke tempat insico tanya tentang cara menulis huruf arab di windows XP, BTW maaf lho kanda kalo adinda lancang sampai tidak sempat berkunjung ke Karanganyar eh malah justru kebalik kanda yang berkunjung ke BaseCamp INSICO. heee :-) Oha ne juga saya share buat kawan-kawan yang kebetulan cari tips membuat  tulisan dengan bahasa arab di komputernya. Mungkin tips cara menginstal/menambahkan huruf arab di windows XP dah banyak bertebaran dimana-mana, tapi tak apalah ini sebagai pelengkap saja dan semoga saja tips ini masih berguna bagi yang belum atau tidak tahu cara menulis dengan huruf Arabic dikomputer yang menggunakan windows XP.

Walaupun pada kesempatan yang lalu saya pernah berbagi tips tentang cara menulis / memasukkan ayat Al-qur'an didalam tulisan MSword, tapi sayangnya ayat tersebut tidak bisa diedit atau rubah. Ya iyalah namanya juga al-qur'an, mana boleh diedit *ngaco*.  Addon on Microsof office qur'an in word ini belum bisa membantu kita disaat kita mau menuliskan sebuah hadist atau qoul para ulama, karena add ons office ini hanya khusus copas alias hanya untuk potongan surat ataupun ayat Al-Qur'an saja. Nah sedangkan bagaimana kalau kita mau menulis hadist atau qoul ulama dalam Bahasa Arab?  *teuing-teuing* Cara Instal Huruf Arabic di Windows XP dengan mensetting windows kita agar bisa untuk menulis tulisan bahasa Arab dengan huruf Arabic.

Nah bagaimana cara mensetupnya, langsung saja kita bongkar bersama Cara untuk mengaktifkan Arabic (enable) pada Windows XP. Sebelumnya persiapan yang diperlukan sebelum memulai tahapan demi tahapan tutorial  menambahkan tulisan Arab dikomputer ini, kawan terlebih dulu harus menyiapkan dulu CD Windows XP atau master windowsnya di komputer serta secangkir kopi. Nah... Jika persiapannya sudah siap, Selanjutnya ikuti saja langkah-langkah dibawah ini:

  1. Klik tombol Start, lalu pilih Control Panel pada komputer anda.
  2. Kemudian pada halaman Control Panel, pilih pilihan Regional And Language Options.
  3. Pada kotak dialog Regional And Language Options, pilih tab Languages.
  4. Lalu beri tanda centang pada pilihan Install files for complex script and right-to-left languages (includingThai),
  5. Kemudian klik Apply, kemudian akan muncul perintah untuk memasukkan CD program (insert disk) Windows XP. Masukkan cd Windows XP kawan, atau jika kawan mempunyai master Windows XP di komputer
  6. Selanjutnya kawan klik OK.
  7. Maka sekarang akan muncul kotak dialog baru files needed. Bagi kawan yang mempunyai master windows xp di Computer, klik tombol browse untuk mencari file yang butuhkan tersebut.
  8. Kemudian windows akan menginstall file yang kawan pilih tadi.
  9. Setelah selesai menginstall, windows akan meminta supaya komputer di Restart.
  10. Restartlah komputer kawan, sembari nunggu restrat anda bisa menikmati secangkir kopi anda yang sudah anda persiapkan tadi :-D. Tapi pas pada waktu restart usahakan keluarkan dulu CD/driver windows XP anda, hal ini perlu dilakukan untuk antisipasi agar tidak terjadi instal ulang.
  11. Jika komputer/laptop anda sudah nyala kembali, selanjutnya yang harus dilakukan kembali adalah mengulangi langkah nomor 1 hingga 3.
  12. Pada kolom Text Services and Input Languages, klik tombol Details.
  13. Klik tombol Adds pada kolom Installed Services, lalu pada Input Language carilah Arabic, lalu klik OK.
  14. Sekarang kembali pada kotak dialog Text Service and Input Languages, pada kolom Preferences, klik tombol Language Bar.
  15. Pada kotak dialog Language Bar Setting, beri tanda centang pada tulisan Show the language bar on the desktop dan  Show additional Language bar icons in the Notification area.
  16. Klik OK.
  17. Pada kotak dialog Text Service and Input Languages klik Apply lalu OK.
  18. Lalu sekarang anda kembali pada kotak dialog Regional and Language Option, Klik Apply lalu OK.
  19. Sekarang di desktop, lihat dipojok kanan bawah ada icon EN|AR
  20. Beri tanda centang pada pilihan Arabic (AR).
  21. Buka Microsoft Word, atur Align Right.
  22. Sekarang kawan insico bisa mengetik dengan tulisan Arab entah tu hadist atau tulisan berbahasa Arab dengan font Arab lainnya.
  23. Selamat mencoba kawan

Semoga tutorial komputer tentang cara mudah menginstal/menambahkan Huruf Arabic di Windows XP ini bisa membantu dan berguna, Selamat mencoba moga berhasil :-D




Artikel Terkait INSICO:

0 comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel ICO, kami harap memberikan sedikit ulasan tapi bukan SPAM. Terimakasih, Salam Harmoni INSICO

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More